Jumat, 07 Desember 2007

MANFAAT BERMAIN BAGI ANAK

PEMBAHASAN

Bermain adalah suatu kegiatan yang menyenangkan, dan pada umumnya sangat disukai anak-anak. Bermain yang dilakukan secara tertata sangat bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Bermain merupakan pengalaman belajar yang sangat berharga bagi anak. Pengalaman itu bisa berupa jalinan hubungan sosial untuk mengungkapkan perasaanya dengan sesama temannya.
Aspek yang dapat diperoleh dari kegiatan bermain yang dilakukan oleh anak antara lain :
1. Manfaat bermain untuk perkembangan fisik.
Jika anak melakukan permainan yang melibatkan banyak gerakan tubuh, maka tubuh si anak akan menjadi sehat dan bugar. Otot-otot tubuh akan tumbuh menjadi kuat. Anak dapat menyalurkan energi yang berlebihan melalui aktivitas jasmani.
2. Manfaat bermain untuk perkembangan ketrampilan.
Penguasaan ketrampilan gerak dapat dikembangakan melalui aktivitas bermain. Misal, pada saat anak yang berlari berkejar-kejaran untuk menangkap temannya, mungkin pada saat itu si anak belum pandai berlari, dengan bermain kejar-kejaran, maka anak kian berminat untuk malakukannya, sehingga ia menjadi lebih terampil dalam berlari.
3. Manfaat bermain untuk perkembangan intelektual.
Melalui aktivitas bermain, anak dihadapkan dengan masalah dan kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat dan tepat. Aktivitas bermain yang seimbang, teratur dan terarah serta berkesinambungan akan memupuk kecerdasan anak.

4. Manfaat bermain untuk perkembangan sosial.
Biasanya, kegiatan bermain dilakukan oleh anak dengan teman sebayanya, dengan begitu anak akan belajar berbagi hak milik, menggunakan mainan atau kegiatan secara bersama dan bergiliran, mempertahankan hubungan yang sudah terbina, mencari cara pemecahan masalah yang sihadapi dengan teman mainnya.
5. Manfaat bermaihn untuk perkembangan emosi.
Bagi anak, bermainan adalah suatu kebutuhan. Tidak ada anak yang tidak suka bermain. Melalui bermain, anak dapat mengungkapkan keinginannya dan menunda kesukaannya. Anak dilatih mengendalikan diri. Dari kegiatan bermain yang dilakukan bersama sekelompok teman, anak akan mempunyai penilaian terhadap dirinya, tentang kamampuan dan kelebihan yang dimilikinya. Penilaian tersebut penting untuk pembentukan konsep diri yang positif.
6. Manfaat bermain untuk perkembangan ketrampilan olahraga.
Apabila anak trampil berlari, melempar, dan melompat, maka ia lebih siap untuk menekuni bidang olahraga tertentu, jika tiba saatnya, ia matang untuk melakukannya. Anak akan terampil melakukan kegiatan tersebut, dannia lebih percaya diri dan merasa mampu melakukan gerakan yang lebih sulit.






PENUTUP
Setelah kita membaca isi atau pembahasan dari tulisan tersebut di atas, yaitu manfaat bermain bagi anak-anak. Banyak hal yang bisa didapat dari pembahasan tersebut, setidaknya kita tahu manfaat bermain yangt dilakukan oleh anak. Akan lebih baiknya jika kegiatan bermain dilakukan secara teratur, terarah, dan berkelanjutan, agar manfaat yang didapat lebih nyata dan lebih pasti.
Demikian yang dapat penulis sampaikan (uraikan), semoga tulisan ini membawa manfaat bagi penulis dan yang membacanya. Insya Allah, Amien. Ada kurangnya penulis mohon maaf sebesar-besarnya.

Tidak ada komentar: